Kamis, 02 Agustus 2012

Homoseksualitas (Homoseks dan Lesbianisme) dan Pencegahan

Homoseksualitas adalah masalah identitas seksual, dimana seseorang mencintai atau menyenangi orang lain yang jenis kelaminnya sama. Homoseks (pria dengan pria) , lesbianisme (wanita dengan wanita). Seorang wanita sudah selayaknya mencintai pria dan juga sebaliknya. sehingga perilaku ini merupakan hal yang abnornal dan perlu dikaji oleh bidang Psikologi walaupun di Amerika perilaku ini dianggap normal , biasa bahkan dilegalkan undang-undang. Perilaku ini sudah terjadi sejak zaman Nabi Luth, dan perilaku ini sangatlah dikutuk oleh Alloh SWT.
Kelainan seksual ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor , diantaranya :
  1. Faktor biologis, Merupakan faktor bawaan sejak lahir, disebabkan ketidakseimbangan hormonal. sel- sel dalam otak yaitu hyphotalamus yang menantarai tingkah laku seksual bersifat hipersensitif terhadap hormon-hormon dalam darah. dimana  proses penyembuhannya relatif lama dan sulit. Sehingga perlu diberi sosialisasi dini dan intensif. Kemungkinan berhasil membuatnya normal sangatlah minim
  2. Faktor psikologis, Merupakan faktor akibat adanya "conditioning" . atau pembiasaan pada awal kehidupan. Psikodinamika mengansumsikan bahwa tingkah laku homoseksual dan lesbianisme merupakan suatu pernyataan simbolik dari konflik yang tidak disadari sebagai akibat dari perkembangan psikoseksual yang terganggu. proses penyembuhannya untuk menjadi normal relatif lama namun kemungkinan lebih besar dibandingkan dengan homoseks yang disebabkan faktor biologis.
  3. Faktor sosiologis, Mengasumsikan akibat adanya kekeliruan dalam hubungan. baik keluarga maupun "relationship" seseorang yang mulanya normal , akibat lingkungan sosialnya ia berubah menjadi homo/lesbian. Segala sesuatu yang diorientasikan kemudian di sosialisasikan secara continue dapat merubah perilaku dan kepribadian seseorang. Penyembuhannya relatif singkat dan mudah yaitu dengan cara diberikan orientasi dan sosialisasi kembali dan dijauhkan dari lingkungan yang salah.

Pencegahan dan penanggulangan dini :
  1. Berikan sosialisasi intens tentang keagamaan, bagaimanapun tidak ada agama yang mengajarkan homoseks/lesbiansm .
  2. ajaklah untuk bergabung dengan orang-orang shaleh/shalehah. dalam artian lingkungan yang baik. karena lingkungan sosial merupakan hal yang penting dalam membentuk kepribadian.
  3. Berikan sosialisasi  tentang nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
      

Semoga bermanfaat.
Source : Yusuf, Syamsu. 2004. Mental Hygiene.  Pustaka Bani Quraisy : Bandung