Senin, 30 Juli 2012

Perbedaan Mental Hygiene dan Mental Health

unwelcomeguest.net
Mental hygiene merujuk kepada pengembangan dan aplikasi seperangkat prinsip-prinsip praktis yang diarahkan kepada pencapaian dan pemeliharaan psikologis manusia yang sehat dan pencegahan dari kemungkinan timbulnya kerusakan mental atau maladjustment.
Menurut M. Surya (1976) mental hygiene atau "ilmu kesehatan mental" adalah
usaha-usaha yang dilakukan agar tercapai mental yang sehat (mental health)
mental hygiene memiliki pengertian yang sama dengan psiko-higiene.

Sementara mental health sendiri terkait dengan (1) bagaimana kita memikirkan, merasakan dan melakukan berbagai situasi kehidupan yang kita hadapi sehari-hari; (2) bagaimana kita memandang diri sendiri , kehidupan sendiri, dan orang lain; (3) bagaimana kita meng-evaluasi berbagai alternatif dan mengambil keputusan.
Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan mental juga sama pentingnya. Terkait dengan pengertian kesehatan mental ini, Zakiyah Darajat (1975) mengemukakan, bahwa kesehatan mental merupakan "Terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa, serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem biasa yang terjadi dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan dirinya"


Sehingga dapat disimpulkan bahwa mental hygiene adalah cara, dan mental health adalah tujuannya. Mental hygiene pada dasarnya diperuntukan bagi individu dalam rangka mengembangkan mentalnya yang sehat dan memperbaiki masalah kesehatan mental atau penyesuaian diri. 

Penerapan mental hygiene di unit-unit sosial didasarkan pada prinsip psikologis , bahwa perkembangan kesehatan mental atau kepribadian dipengaruhi oleh kualitas iklim psikologis lingkungan dimana individu hidup.